Pages

Rabu, 02 Januari 2013

Tari Remo



           Tari Remo adalah tarian yang berasal dari Surabaya,Jawa Timur namun ada pula versi lain yang menyebutkan tari Remo berasal dari Jombang,Jawa Timur,dimana tarian ini pada awalnya digunakkan sebagai pengantar pertunjukan Ludruk.Namun,pada perkembangannya kini lebih digunakkan sebagai sambutan atas tamu kenegaraan,upacara-upacara kenegaran,dan festival kesenian daerah.Makna dari tarian ini sendiri sebenarnya adalah menceritakan perjuangan seorang pangeran dalam medan laga.Namun kini seiring perkembangan zama,tarian ini juga ditarikan oleh seorang perempuan.
            Tari Remo memiliki 2 versi yang paling terkenal,versi tersebut adalah Remo versi Surabaya yang dipelopori oleh Munali Fatah,dan Remo versi Jombang yang dipelopri oleh Bolet.Karena dulu tari Remo digunakkan sebagai pengantar kesenian ludruk,sejarah lahirnya tari Remo juga seiringan dengan kesenian ludruk.Namun terdapat versi lain yang mengatakan bahwa tari Beskalan adalah cikal bakal dari lahirnya tari Remo.Hal ini dikarenakan tari Remo memiliki unsur gerak tari yang hampir mirip dengan tari Beskalan.
            Fungsi tari Remo selain sebagai pengantar kesenian Ludruk dan penyambut tamu,juga sebagai hiburan dimana koreografinya merupakkan sebuah pemahaman secara simbolik.
            Karakteristik dari Tari Remo ditunjukkan dari :
a)Tata Gerak
            Tata Gerak yang utama dari tari Remo adalah gerakan kaki yang rancak dan dinamis.Dimana gerakannya didukung dengan adanya lonceng-lonceng yang dipasang di kaki.Tidak hanya itu,gerakan selendang,gerakan anggukan,gelengan kepala,disertai ekspresi wajah yang dipadu dengan kuda-kuda para penari jelas semakin membuat tarian ini terlihat dinamis,atraktif,dan indah.
b)Tata Busana
            Tata Busana dari Penari Remo dibedakan menjadi empat gaya besar,yaitu
   1)Busana Gaya Surabaya
            Gaya busana ini terdiri dari ikat kepala berwarna merah,baju tanpa kancing yang berwarna hitam diselaraskan seperti gaya busana kerajaan pada abad ke-18.Tidak hanya itu saja,celana sebatas pertengahan betis dikait dengan jarum emas,dilengkapi dengan sarung batik Pesisiran yang menjuntai hingga ke lutut ,serta ditambah dengan keris yang menyelip dibelakang.
            Para penari memakai dua selendang,dimana satu dipakai dipinggang dan yang lainnya disematkan di bahu,dengan masing-masing tangan memegang ujung-ujung selendang.Gelang kaki berupa lonceng juga melengkapi keseluruhan dari gaya busana remo Surabaya ini.
  
   2)Busana Gaya Sawunggaling
            Perbedaan gaya Busana Sawunggaling dengan gaya busana Surabaya adalah kaos yang digunakkan pada busana Sawunggaling putih berlengan panjang sebagai ganti dari baju hitam kerajaan yang digunakkan pada busana gaya Surabaya.
   3)Busana Gaya Malangan
              Yang membedakan gaya busana Sawunggaling dengan gaya Surabaya adalah celana yang dipakai pada busana Sawunggaling panjang hingga menyentuh mata kaki dan tidak disemat jarum.
   4)Busana Gaya Jombang
            Gaya busana ini hampir sama dengan gaya busana Sawunggaling,namun perbedaannya adalah penari tidak menggunakkan kaos tetapi menggunakkan rompi.
   5)Busana Penari Remo Putri
            Penari memakai sanggul,dan memakai mekak hitam untuk menutupi bagian dada.Tidak hanya itu,penari juga memakai rapak untuk menutupi bagian pinggang sampai ke lutut,serta hanya menggunakkan satu selendang saja yang disemat di bahu.

 
c)Pengiring dan Alat Musik Tari Remo
            Tari Remo diiringi dengan alat musik seperti:Gending,Gender,Gambang,Seruling,Kenong,Slenten,Kempul,dan Gong.
            Biasanya tari Remo menggunakkan irama gedong rancak,krucilan,dan juga walang kekek,dimana tarian ini diperagakan oleh wanita dan laki-laki secara bersamaan ataupun bergantian.
            Berbanggalah kita sebagai masyarakat Indonesia telah dikarunia begitu banyak kebudayaan khususnya tari tradisional,karena belum tentu semua negara memiliki tari tradisionalnya masing-masing.Bahkan ada pula yang sampai mengaku-ngaku kalau tari tradisional itu milik mereka.So,mari lestarikan tarian tradisional,minimal paling tidak tahu,tarian tradisional apa saja yang ada di Nusantara ini.




Referensi :

http://www.anneahira.com/tari-remo.html

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik,Saran,dan Komentar sangat saya perlukan.So,komentar yaaa